0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Tips Mencegah Stroke, Dicoba Yuk

okezone
okezone - Wed, 30 Sep 2020 13:27
Dilihat: 40
5 Tips Mencegah Stroke, Dicoba Yuk

Stroke menjadi penyebab utama kecacatan dan kematian ketiga di Amerika Serikat (AS). Penyakit ini menyerang sekira 700.000 orang AS setiap tahunnya. Stroke dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia, sebab semua orang memiliki risiko stroke.

Direktur Divisi Gangguan Serebrovaskular di University of Iowa, dr. Harold P. Adams, M.D mengatakan, beberapa dari risiko stroke berada di luar kendali manusia. Beberapa di antaranya adalah riwayat keluarga, usia, ras, dan jenis kelamin. Selain itu gaya hidup yang dilakukan sekarang juga dapat memengaruhi kemungkinan terkena stroke.

Oleh sebab itu, dr. Harold pun merekomendasikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah risiko terkena serangan stroke. Melansir dari Brain and Life, Rabu (30/9/2020), berikut ulasannya.

1. Kenali gejala stroke

Dokter Adams menjelaskan bahwa gejala peringatan stroke cenderung singkat dan datang secara tiba-tiba. Namun gejala tersebut dapat terlihat dengan jelas.

"Bicara cadel atau tidak bisa dipahami, kehilangan penglihatan di satu atau kedua mata, ketidakseimbangan buruk atau rasa berputar, sakit kepala yang luar biasa parah, merasa lemah, mati rasa, serta kekakuan bagian tubuh seperti wajah, lengan, atau kaki," terang dr. Adams.

2. Ketahui kondisi tubuh

Ahli saraf Victor, dr. Philip B. Gorelick, M.D., menyarankan pasien untuk merawat diri mereka sendiri. "Pasien harus mengetahui tekanan darah sistolik dan diastolik, kadar kolesterol, kadar gula darah, berat badan, asupan kalori harian dan jumlah menit mereka berolahraga setiap hari," terang dr. Philip.

Pasien berisiko lebih tinggi terkena stroke jika mereka kelebihan berat badan atau memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, atau peningkatan kadar kolesterol.

Baca juga: Cantiknya Kahiyang Ayu Jadi Peri Bunga, Netizen: Princess-nya Pak Jokowi

3. Mengubah diet

Para ahli sepakat bahwa pola makan yang sehat dapat membantu memperbaiki risiko mengalami stroke. Dokter Gorelick menyarankan untuk mengonsumsi ikan, buah-buahan, dan sayuran. Untuk menjaga agar jumlah makanan yang dia makan pada tingkat yang wajar, disarankan menggunakan piring salad kecil saat makan malam.


Untuk makan siang saat dalam perjalanan, ia menyarankan untuk mengonsumsi sandwich rendah lemak dan kalori.

Sumber: okezone

5 Tips Mencegah Stroke, Dicoba Yuk

5 Tips Mencegah Stroke, Dicoba Yuk

5 Tips Mencegah Stroke, Dicoba Yuk

5 Tips Mencegah Stroke, Dicoba Yuk

5 Tips Mencegah Stroke, Dicoba Yuk

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya