0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Tips Ini Bikin Laptop Kamu Nggak Mati Lagi

Angelsontrip
Angelsontrip - Sun, 27 Oct 2019 21:03
Dilihat: 51

Kamu pernah nggak sedang asik-asiknya main di PC, lagi kerja, atau lagi nonton drama korea laptop tiba-tiba mati padahal lagi nggak mati listrik?? Pastinya bikin kesel banget, kan.

Sekarang inibanyak hal yang bisa kita lakukan lewat komputer ataupun smartphone. Nah,penggunaan komputer yang terus-menerus ini ternyata bisa menyebabkan error padakomputer kita.

Jadi jikakalian menggunakan laptop komputer menerus tanpa memperhatikan kondisinyakalian, lama kelamaan komputer akan rusak atau error. Memang penggunaanteknologi yang ada tidak bisa lepas dari gangguan seperti error yang bisa sajaterjadi karena ulah dari penggunanya atau mungkin bisa juga karena komputer itusendiri.

Jika terjadikerusakaan pada komputer baik itu kerusakan hardware ataupun software makakalian akan menemui beberapa masalah ketika mengoperasikannya. Salah satumasalah yang sering ditemui ketika terjadi kerusakaan adalah komputer seringmati dengan sendirinya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer dan laptop tiba-tiba mati mendadak dan cara mengatasinya.

1. CPUTerlalu Panas

Cek 5 Tools Ini Bikin Kamu Jadi Up-To-Date !

Hal yangpaling sering menyebabkan komputer tiba-tiba mati adalah karena CPU komputeryang terlalu panas atau overheat. Hal ini bisa terjadi jika kalian menjalankanbeberapa aplikasi sekaligus sedangkan CPU kalian tidak kuat untuk menjalankansemua program tersebut.

Hal inilahyang menyebabkan kerja CPU jadi semakin berat, dan akhirnya CPU akan menjadilebih cepat panas karena banyak program yang dijalankan. CPU yang panas iniakan secara otomatis mengalami kegagalan fungsi yang mengakibatkan komputermati secara mendadak tanpa kita inginkan.

Selain itu,bisa juga kondisi fan atau kipas yang ada dalam CPU tidak berjalan dengan baiksehingga CPU kalian menjadi cepat panas. Kondisi inilah mengakibatkan CPU tidakmendapatkan sistem pendinginan yang secukupnya, sehingga dari panas yangberlebihan ini menyebabkan komputer kalian menjadi mati mendadak.

Untukmengatasi komputer mati medadak karena masalah ini kalian harus mengurangibeban dari komputer kalian jika komputer sudah panas. Kalian bisa menjalankanaplikasi satu per satu saja, jangan menjalankan aplikasi berat dan banyakaplikasi secara bersamaan yang dapat memberatkan kinerja komputer.

Atau kalianjuga bisa menggunakan fan atau kipas ekstra untuk membantu proses pendinganansupaya lebih optimal dan lebih dingin. Kalian bisa menggunakan notebook cooleratau sejenisnya kepada komputer kalian.

2. Kelebihanatau Kekurangan Tegangan Listrik

Selainkarena CPU yang terlalu panas, hal lain yang dapat menyebabkan komputer kalianmati sendiri adalah karena kelebihan atau kekurangan tegangan listrik. Masalahini cukup sering dijumpai, karena terkadang PC membutuhkan daya yang cukupbesar. Hal ini karena biasanya power supply pada komputer kurang mendapatkandaya dan tegangan yang diperlukan, sehingga mengakibatkan komputer tiba-tibamati tanpa kita inginkan.

4 Aplikasi Perekam Layar Gratis untuk Windows yang Patut Dilirik

Untukmengatasi masalah ini kalian bisa menggunakan stabilizer eksternal untukmenyalakan komputer kalian. Stabilizer bisa membantu untuk menstabilkan aliranlistrik dan jumlah tegangan / daya yang masuk kedalam power supply komputerkalian sehingga bisa mencegah komputer mati secara mendadak karena kekuranganatau kelebihan tegangan.

3.Kerusakan Pada Hardware

Kerusakanpada hardware juga sering kali menyebabkan komputer kalian menjadi sering matisendiri, namun untuk masalah ini kadang sulit untuk dideteksi. Biasanya masalahRAM komputer salah satu hal yang menyebabkan komputer kalian sering matisendiri. Kerusakan hadware ini bisa terjadi karena tidak cocok atau tidakkompatibel, atau mungkin karena proses penginstalan hardware yang salahsebelumnya dan menyebaban hardware jadi malfungsi.

Untukmengatasi ini kalian harus menggunakan hardware yang kompatibel dan sesuaidengan spesifikasi dari komputer yang kalian miliki. Jangan memaksakan untukmenginstal aplikasi yang tidak kompatibel dan cek selalu pemasangan sockethardware supaya tidak terjadi error saat komputer kalian digunakan.

4.Kerusakaan Pada Sistem Operasi

Keruakan padasistem operasi juga bisa menyebabkan laptop komputer kamu tiba-tiba mati nggakjelas. Hal ini terjadi karena mungkin software yang ada, terutama sistemoperasi yang corrupt. Corrupt ini bisa terjadi karena berbagai macam hal,contohnya adalah karena proses install software aplikasi yang tidak benar atautidak selesai dengan baik, atau mungkin tidak kompatibel (terlalu berat) dengankomputer milik kalian. Kalian dapat mencegah masalah ini dengan cara:

  • Melakukan proses install software dengan baik dan benar
  • Menggunakan fitur trobleshooting untuk mengecek masalah pada software
  • Menggunakan perangkat lunak yang kompatibel dengan komputer
  • Melakukan proses install ulang sistem operasi

5.Terkena Virus

Penyebablain yang dapat menyebabkan komputer kalian tiba-tiba sering mati mendadakadalah karena terkena virus. Biasanya virus yang menyebar pada komputer kalianini sudah sangat parah sehingga bisa menyebabkan komputer menjadi lemot dan cepatpanas, hal ini juga dapat menyebabkan komputer jadi sering mati sendiri.

Untukmengatasi laptop komputer yang mati karena virus, kita sebagai pengguna harusaware terhadap kondisi komputer kita. Kita harus menggunakan antivirus yangaman dan terpercaya, selain itu lakukanlah update secara berkala untuk mencegahpenyebaran virus.

Nah, demikianlahbeberapa tips yang bisa Teqnoforia bagikan kepada kalian tentang cara mengatasikomputer atau laptop sering tiba-tiba mati sendiri. Semoga bermanfaat.


The post 5 Tips Ini Bikin Laptop Kamu Nggak Mati Lagi appeared first on Teqnoforia - Berita Terbaru mengenai Perkembangan Teknologi, Gadget Terbaru.

Sumber: Angelsontrip

5 Tips Ini Bikin Laptop Kamu Nggak Mati Lagi

5 Tips Ini Bikin Laptop Kamu Nggak Mati Lagi

5 Tips Ini Bikin Laptop Kamu Nggak Mati Lagi

5 Tips Ini Bikin Laptop Kamu Nggak Mati Lagi

5 Tips Ini Bikin Laptop Kamu Nggak Mati Lagi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya