0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Prioritas Jokowi di Periode Kedua

inilahcom
inilahcom - Sun, 20 Oct 2019 19:06
Dilihat: 28
5 Prioritas Jokowi di Periode Kedua

Jakarta - Presiden Joko Widodo sudah merencanakan target yang menjadi prioritas di pemerintahan yang akan dipimpinnya selama periode 2019-2024.


Jokowi ingin membangung Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

"Pertama, pembangunan SDM akan menjadi prioritas utama kita, membangun SDM yang pekerja keras, yang dinamis. Membangun SDM yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengundang talenta-talenta global bekerja sama dengan kita," kata Jokowi dalam pidato pertamanya usai dilantik di Gedung Nusantara, Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Jokowi mengatakan di era teknologi, pembangunan SDM yang unggul juga harus mengikuti teknologi yang baru. Ia ingin perkembangan teknologi terus ditingkatkan untuk menunjang SDM yang unggul.

"Itupun tidak bisa diraih dengan cara-cara lama, cara-cara baru harus dikembangkan. Kita perlu endowment fund yang besar untuk manajemen SDM kita. Kerja sama dengan industri juga penting dioptimalkan. Dan juga penggunaan teknologi yang mempermudah jangkauan ke seluruh pelosok negeri," ujar dia.

Kedua, pembangunan infrastruktur yang sudah dikebut Jokowi di periode pertama juga menjadi prioritas di periode kedua. Jokowi ingin infrastruktur bisa menjadi jalur yang dapat dilalui seluruh kawasan yang ada untuk memudahkan perekonomian.

"Pembangunan infrastruktur akan kita lanjutkan. Infrastruktur yang menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, yang mempermudah akses ke kawasan wisata, yang mendongkrak lapangan kerja baru, yang mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat," ujar Jokowi.

Ketiga, Jokowi ingin mempermudah regulasi. Jokowi menuebut akan ada 2 Undang-undang besar yang akan disepakati pemerintah dan DPR. UU itu adalah UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM.

Di poin kelima yang jadi prioritas, Jokowi mengingatkan birokrasi. Jokowi ingin ada penyederhanaan birokrasi.

"Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi," ungkapnya.

Terakhir yang disampaikan Jokowi untuk dilakukan pada periode kedua yaitu transformasi ekonomi. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu ingin bangsa Indonesia tak hanya mengandalkan sumber daya alam.

"Pada akhirnya, yang kelima adalah transformasi ekonomi. Kita harus bertransformasi dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran bangsa demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar dia. [ton]

Sumber: inilahcom

5 Prioritas Jokowi di Periode Kedua

5 Prioritas Jokowi di Periode Kedua

5 Prioritas Jokowi di Periode Kedua

5 Prioritas Jokowi di Periode Kedua

5 Prioritas Jokowi di Periode Kedua

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya