0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Makanan untuk Kesehatan Otak, Sering Konsumsi Yuk!

okezone
okezone - Tue, 28 Jun 2022 17:27
Dilihat: 44
5 Makanan untuk Kesehatan Otak, Sering Konsumsi Yuk!

TERDAPAT makan yang harus dikonsumsi untuk kesehatan otak. Hal ini wajib dipenuhi sebab otak merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu kesehatan otak wajib dijaga.

Seperti dilasir dari Medical News, makanan yang meningkatkan kesehatan otak dapat mendukung fungsi otak jangka pendek dan jangka panjang.

Otak adalah organ yang membutuhkan nutrisi tinggi dan menggunakan sekitar 20 persen kalori tubuh, sehingga perlu mempertahankan konsentrasi yang baik sepanjang hari.

Otak juga membutuhkan nutrisi tertentu untuk tetap sehat. Asam lemak omega-3, misalnya, membantu membangun dan memperbaiki sel-sel otak, dan antioksidan mengurangi stres dan peradangan, yang terkait dengan penuaan otak dan gangguan neurodegeneratif, seperti penyakit Alzheimer.

Nah, berikut 5 makanan yang wajib dikonsumsi untuk kesehatan otak. Apa saja?

1. Ikan kaya lemak

Ikan berminyak adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik. Omega-3 dapat membantu membangun membran di sekitar setiap sel dalam tubuh, termasuk sel-sel otak. Karena itu, mereka dapat memperbaiki struktur sel otak yang disebut neuron.

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa orang dengan kadar omega-3 yang tinggi mengalami peningkatan aliran darah di otak. Para peneliti juga mengidentifikasi hubungan antara tingkat omega-3 dan kognisi yang lebih baik, atau kemampuan berpikir. Hasil ini menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya omega-3, seperti ikan berminyak, dapat meningkatkan fungsi otak.

2. Cokelat hitam

Cokelat hitam yang mengandung kakao, dikenal sebagai kakao. Kakao mengandung flavonoid, sejenis antioksidan. Antioksidan sangat penting untuk kesehatan otak, karena otak sangat rentan terhadap stres oksidatif, yang berkontribusi terhadap penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia dan penyakit otak.

Para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam jenis ini dapat meningkatkan plastisitas otak, yang sangat penting untuk pembelajaran, dan juga dapat memberikan manfaat lain yang terkait dengan otak.

3. Buah beri

Penelitian menemukan bahwa blueberry, strawberry, dan acai berry dapat membantu menghentikan kemampuan kognitif yang menurun akibat usia dengan memelihara mekanisme "bersih-bersih" otak, yang bisa usang seiring bertambahnya usia.

Seperti cokelat hitam, banyak beri yang mengandung antioksidan flavonoid. Penelitian juga menunjukkan bahwa ini dapat membuat buah beri menjadi makanan yang baik untuk otak.


Antioksidan membantu dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif. Antioksidan dalam beri termasuk antosianin, asam caffeic, catechin, dan quercetin.

Sumber: okezone

5 Makanan untuk Kesehatan Otak, Sering Konsumsi Yuk!

5 Makanan untuk Kesehatan Otak, Sering Konsumsi Yuk!

5 Makanan untuk Kesehatan Otak, Sering Konsumsi Yuk!

5 Makanan untuk Kesehatan Otak, Sering Konsumsi Yuk!

5 Makanan untuk Kesehatan Otak, Sering Konsumsi Yuk!

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya