0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Cara Tetap Waras meski Setiap Hari Dengar Berita Kematian Covid-19

okezone
okezone - Thu, 01 Oct 2020 19:54
Dilihat: 75

Setiap hari, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengeluarkan data terbaru mengenai jumlah pasien konfirmasi positif Covid-19, pasien sembuh, dan pasien yang meninggal dunia. Secara tidak sadar, Anda pun akhirnya bersahabat dengan hal tersebut.

Namun, jika menyoal kasus kematian, banyak dari Anda mungkin akan 'ketrigger' hingga secara tidak sadar membuat diri Anda sendiri sedih. Anda kemudian berpikir apa jadinya kalau itu terjadi pada keluarga atau diri Anda sendiri.

Sadar atau tidak, terpapar informasi mengenai kasus kematian akan membuat Anda letih. Satu sisi Anda capek mendapat paparan angka yang terus bertambah, tapi satu sisi Anda mencoba untuk tetap waras sehingga Anda bisa memikirkan bagaimana cara bertahan hidup di situasi pandemi ini.

Nah, dikutip dari Huffpost, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tubuh Anda tetap waras dalam situasi sekarang, bagaimana caranya?

1. Fokus pada apa yang Anda tahu


Tidak bisa dipungkiri, setiap hari ada saja keluarga, teman, atau pasangan yang membicarakan soal Covid-19. Anda pun pernah ada di titik punya kecemasan tersendiri dan otak pun jadi capek sendiri.

"Yang penting sekarang adalah meletakkan semuanya ke dalam komteksnya. Maksudnya, sekarang ini fokuslah pada apa yang Anda tahu, bukan pada apa yang Anda tidak ketahui," terang psikolog Rose Aghdami.

Ia menekankan, meski pandemi ini menggangu kehidupan kita semua, tapi sadarilah bahwa situasi ini hanya bagian kecil dari perjalanan hidup seseorang. Untuk bisa menikmati momen lainnya, maka jalankan protokol dengan baik.

"Sekarang bukan waktunya untuk menganggap biasa keadaan. Jangan berkerumum atau bertemu dengan orang jika itu tidak penting. Ini dilakukan setidaknya sebagai bentuk pertanggungjawaban Anda pada diri Anda maupun orang lain," katanya.

Baca Juga : Cantiknya Wika Salim Pakai Dress Naik Speed Boat, Netizen: Syeger Euy!

2. Angka tidak menjelaskan cerita seutuhnya


Jika Anda setiap hari memperhatikan angka, maka yang akan terjadi adalah kecemasan yang tak berujung. Terlebih, pikiran Anda sampai menggangu aktivitas harian.

Perlu dicatat bahwa data yang diberikan setiap hari itu untuk administrasi kenegaraan dan juga memang harus dilaporkan sebagai bentuk pertanggngjawaban. Tapi, yang kerap diabaikan masyarakat adalah dari angka tersebut, kematian yang terjadi bukan hanya karena Covid-19, tetapi ada faktor lain yang memperburuk keadaan.

3. Jadi belajar soal Covid-19

Berita yang diberikan setiap hari akan terus berkembang. Sebab, sampai saat ini para peneliti dan dokter pun sama-sama sedang belajar tentang Covid-19.

Dijelaskan Profesor Daniel Altmann dari Departemen Kedokteran Imperial College, setiap negara punya kasusnya masing-masing dan yang perlu dipelajari adalah semua negara terkena dampak dari pandemi ini.


"Tapi, yang harus diketahui masyarakat adalah karena kita semua belajar setiap hari soal Covid-19, kita menjadi teredukasi sehingga meski imunitas kita belum kebal, tapi setidaknya kita semakin paham bagaimana menyikapi penyakit ini," terangnya.

Sumber: okezone

5 Cara Tetap Waras meski Setiap Hari Dengar Berita Kematian Covid-19

5 Cara Tetap Waras meski Setiap Hari Dengar Berita Kematian Covid-19

5 Cara Tetap Waras meski Setiap Hari Dengar Berita Kematian Covid-19

5 Cara Tetap Waras meski Setiap Hari Dengar Berita Kematian Covid-19

5 Cara Tetap Waras meski Setiap Hari Dengar Berita Kematian Covid-19

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya