0
Thumbs Up
Thumbs Down

4 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan, Apa Saja?

okezone
okezone - Tue, 12 Oct 2021 18:32
Dilihat: 88
4 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan, Apa Saja?

BUAH pepaya adalah salah satu buah yang seluruh bagiannya memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Baik dimakan mentah atau matang, daun, biji hingga daging pepaya dikemas dengan nutrisi penting yang bertanggung jawab atas sifat terapeutik dan penyembuhannya.

Mengutip Boldsky menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, pepaya mengandung nutrisi seperti vitamin A, magnesium, vitamin C, vitamin E, kalium, vitamin B, asam pantotenat, folat, serat makanan, asam lemak oleat, asam linoleat, asam stearat, flavonoid, saponin, antosianin, glukosinolat, tokoferol (alfa dan gamma), beta-karoten dan benzil isothiocyanate.

Pepaya dapat membantu mengobati dan mengelola berbagai penyakit kronis, termasuk gangguan inflamasi dan infeksi. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat pepaya yang perlu diketahui.

1. Kaya vitamin dan mineral

Pepaya kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa fenolik. Buah ini juga rendah kalori dan mengandung enzim proteolitik penting dari papain dan chymopapain yang memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh.

Nutrisi dalam pepaya membantu meningkatkan sistem pencernaan, mengurangi peradangan, meningkatkan pemecahan protein dalam tubuh, menjaga kesehatan mata, mencegah penyakit kardiovaskular, mengelola diabetes dan banyak lagi.

2. Pepaya mentah lebih baik dari yang matang

Pepaya mentah adalah buah pepaya yang dipetik saat masih hijau. Tidak seperti pepaya matang, pepaya mentah memiliki daging putih yang renyah dan rasa serta tekstur yang berbeda.

Studi mengatakan bahwa pepaya mentah mengandung lebih banyak papain dan chymopapain daripada yang matang. Ada banyak manfaat pepaya mentah bahkan ada yang lebih besar dari yang sudah matang atau daun atau biji pepaya.

Pepaya mentah rendah kalori dan tinggi energi dan serat. Selain itu, tinggi beta-karoten dan likopen dibandingkan dengan pepaya matang dan tomat.

3. Baik untuk diabetes

Diet dan olahraga adalah beberapa cara diabetes dapat dikelola seumur hidup. Pepaya dianggap sebagai penghambat alami kadar glukosa tinggi dalam tubuh.

Selain itu, harga dari pepaya terbilang murah, mudah tersedia dan tidak beracun. Efek anti-diabetes, antioksidan, imunomodulasi dan anti-inflamasi pepaya, membantu mencegah risiko diabetes atau membantu mengelolanya pada orang yang sudah memiliki kondisi tersebut.

4. Baik untuk MPASI

Pepaya bisa dimasukkan ke dalam menu MPASI dalam jumlah kecil. Sebab pepaya sarat dengan nutrisi yang meningkatkan kesehatan yang dapat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan.


Seperti dilansir dari Antara, pepaya juga dapat membantu mengobati ruam, luka bakar pada anak dan cacingan pada bayi, serta menjaga kesehatan ibu juga.

Sumber: okezone

4 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan, Apa Saja?

4 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan, Apa Saja?

4 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan, Apa Saja?

4 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan, Apa Saja?

4 Manfaat Pepaya bagi Kesehatan, Apa Saja?

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya