0
Thumbs Up
Thumbs Down

28 Persen Anak 7-12 Tahun Terpapar Covid-19

Republika Online
Republika Online - Thu, 22 Jul 2021 18:02
Dilihat: 35
28 Persen Anak 7-12 Tahun Terpapar Covid-19

JAKARTA -- Sekitar 28 persen dari total populasi kelompok anak usia 7 hingga 12 tahun di Indonesia terpapar oleh Covid-19. Data tersebut disampaikan pejabat di Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI.

"Kalau kita lihat secara kumulatif, anak-anak itu terpapar Covid-19 pada kelompok usia 7-12 tahun sekitar 28 persen dari seluruh anak-anak," kata Direktur Keluarga, Perempuan, Anak, Pemuda dan Olahraga Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional RI, Woro Srihastuti Sulistyaningrum, saat hadir secara virtual Dialog Kabar Kamis KPCPEN yang dipantau dari Jakarta, Kamis (22/7).

Woro mengatakan berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 dilaporkan angka kematian pada kelompok anak yang tertinggi di alami usia 0 hingga 2 tahun. Berdasarkan informasi tersebut, kata Woro, kelompok anak masuk dalam kriteria populasi yang juga memiliki risiko tinggi terpapar Covid-19.

"Sering kali kita berpikir bahwa Covid-19 itu kenanya hanya pada orang dewasa, karena pada waktu awal pandemi masih banyak yang beranggapan bahwa, amanlah anak-anak, mereka punya daya tahan tubuh yang lebih kuat. Tapi pada kenyataannya, data itu menunjukkan bahwa sekarang ini dengan jenis varian baru, rentan sekali anak-anak itu terpapar Covid-19," ujarnya.

Pada agenda yang sama, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi, mengatakan masih banyak orang tua yang ragu untuk memvaksin anaknya melalui program vaksinasi anak 12 hingga 17 tahun di Indonesia. "Jadi sama seperti informasi yang diterima oleh orang tua, misalnya vaksin itu apakah betul memberikan efek keamanan, kemudian bagaimana efek sampingnya," katanya.

Nadia mengatakan upaya orang tua untuk menjaga anak dari penularan Covid-19 adalah dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. "Bagaimana orang tua memastikan anak-anak jangan dipaparkan dengan risiko penularan seperti membawa anak untuk berkunjung ke keluarga lain atau melakukan perjalanan yang kemudian anak-anak juga diajak makan ke restoran, itu menambah risiko anak-anak karena Covid-19," katanya.

Saran berikutnya adalah tanggung jawab orang tua untuk menjaga kesehatan keluarga dengan menjaga kebersihan diri usai beraktivitas. "Saat mereka dari luar rumah kembali ke rumah, itu pasti ada risiko. Untuk pencegahan pastikan kita mengganti dulu baju kita saat pulang dari kantor, kemudian mandi," katanya.










Berita Terkait
  • Kemenkes: 548 Ribu Anak Indonesia Telah Terima Vaksin Covid
  • Vaksinasi Covid-19 Siswa SMAN 113 Jakarta
  • Anak di Bawah 12 Tahun di AS akan Segera Vaksinasi Covid-19
Berita Lainnya
  • Objek Wisata Zona Oranye Aceh akan Buka dengan Prokes
  • Kesga Kemenkes: Vaksinasi untuk Ibu Hamil dalam Pembahasan

28 Persen Anak 7-12 Tahun Terpapar Covid-19

28 Persen Anak 7-12 Tahun Terpapar Covid-19

28 Persen Anak 7-12 Tahun Terpapar Covid-19

28 Persen Anak 7-12 Tahun Terpapar Covid-19

28 Persen Anak 7-12 Tahun Terpapar Covid-19

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya