0
Thumbs Up
Thumbs Down

27 KK di Desa Paksebali Tidak Punya Lahan

Nusabali
Nusabali - Thu, 01 Dec 2022 07:29
Dilihat: 81
27 KK di Desa Paksebali Tidak Punya LahanSEMARAPURA,
Sebanyak 27 kepala keluarga (KK) di Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Klungkung tidak punya lahan sendiri untuk tempat tinggal. Mereka menumpang di lahan milik orang lain dan kost. Perbekel Desa Paksebali, I Putu Ariadi mengatakan, ada sejumlah faktor yang membuat 27 KK ini tidak punya lahan tempat tinggal sendiri. Di antaranya pertumbuhan penduduk yang membuat rumah kelahirannya tidak lagi mampu menampung, ada juga lahan sudah pindah tangan.

Menurut Putu Ariadi, sebanyak 27 KK ini juga tidak mampu beli lahan karena tergolong keluarga kurang mampu. Upah yang mereka terima sebagai buruh serabutan hanya mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. "Jika tanah garapan yang mereka tempati diminta oleh pemilik, mereka hanya bisa pindah ke tanah garapan lainnya," ujar Putu Ariadi, Rabu (30/11). Sedangkan lahan milik desa dan desa adat sudah tidak ada. Berdasarkan penelusuran, ternyata ada tanah milik Pemprov Bali di Desa Sulang, Kecamatan Dawan yang akses jalannya melalui Desa Paksebali. Tanah milik Pemprov Bali itu seluas dua hektare dapat dimanfaatkan untuk membangun hunian bagi 27 KK.

Terpisah, Kadis Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman Klungkung, I Made Jati Laksana mengatakan, telah menyiapkan gambar dan proposal terkait usulan pembangunan hunian untuk 65 KK kurang mampu di Kabupaten Klungkung. Rencananya, di lahan seluas 2 hektare milik Pemprov Bali di Kecamatan Dawan dibuatkan hunian tipe 36 untuk 65 KK. Pembangunan oleh Kementerian Sosial RI. "Mereka juga akan dibuatkan tempat pemberdayaan yang hasilnya diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi puluhan KK tersebut," ujar Jati Laksana, beberapa waktu lalu. *wan
Sumber: Nusabali

27 KK di Desa Paksebali Tidak Punya Lahan

27 KK di Desa Paksebali Tidak Punya Lahan

27 KK di Desa Paksebali Tidak Punya Lahan

27 KK di Desa Paksebali Tidak Punya Lahan

27 KK di Desa Paksebali Tidak Punya Lahan

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya